Minggu, 30 November 2008

Tentang roja' dan khauf

Roja' adalah harapan pada Allah dan khouf adalah perasaan takut pada Allah. Sesungguhnya roja' dan khouf adalah dua hal yg tak dapat di pisahkan, karena jika seseorang mempunyai roja' tapi tanpa di sertai dengan adanya khouf maka orang tersebut akan selalu berbuat ceroboh dan jika seseorang hanya memiliki rasa takut tanpa ada pengharapan orang tersebut pasti akan terbentur keputus asaan. jadi khouf dan roja' adalah seperti sayap burung jika sayap yg sebelahnya putus burung tersebut tdk akan bisa terbang dg sempurna.

Roja' adalah senangnya hati dalam mengharapkan sesuatu yg di inginkan tapi apabila tidak ada usaha dan langkah utk mencapainya itu bukanlah roja' tapi lebih tepat jika di sebut angan kosong atau kebodohan. para ulama ahli jiwa mengatakan bahwa dunia adalah ladang akhirat dan hati di ibaratkan sebagai tanah sedang iman adalah bibit yg di tebarkan, sikap yg taat adalah ibarat tanah yg siap utk di bajak dan kemudian di airi sehingga suburlah tanah itu. sedangkan hati yang keras dan kering oleh keserakahan dunia adalah laksana tanang keras yg gersang dan tidak bisa di tumbuhi benih. hari kiamat adalah hari panen tiba di mana seseorang tak dapat memetik sesuatu kecuali apa yg telah dia tanam. tidak ada benih yg bisa tumbuh kecuali benih iman, iman tak akan tumbuh subur dalam hati yg busuk dan ahlak yg buruk.

Demikianlah setiap orang mencari lahan yg baik utk di tanami dg benih yg baik pula, lalu di peliharanya dg memberikan pupuk atau yg lainnya yg di butuhkan utk kelangsungan hidup benih tersebut kemudian ia bersihkan duri atau rumput liar yg akan mengganggu pertumbuhannya, kemudian ia menunggu hasilnya maka penantian yg demikianlah yg di sebut roja'. akan tetapi jika benih di tanam di tanah yg keras lg gersang di dataran tinggi yg tdk bisa di airi, sementara sang penanam bersikap masa bodoh sambil menunggu hasilnya maka penantian yg demikian bukanlah roja' tp ketertipuan atau kebodohan.

Adapun khouf adalah merupakan cambuk yg di gunakan Allah utk menggiring hamba-hambanya menuju ilmu dan amal supaya dg keduanya manusia bisa dekat dg Allah swt. Khouf adalah kesakitan hati karena membayangkan sesuatu yg di takuti yg akan menimpa diri di masa yg akan datang, maka khouf akan dapat mencegah seorang manusia untuk berbuat ma'siat dan mendorong ketaatan pada Allah swt. kurangnya khouf pada seseorang akan menyebabkan dia menjadi orang yg lalai dan berani berbuat ma'shiyat sedang khouf yg berlebihan tanpa di barengi dg roja' akan menyebabkan orang menjadi pesimis dan gamang dalam menjalani hidup di dunia.